Babinsa Koramil 01 Jepara, Hadiri Kegiatan Kelas Ibu Hamil Guna Cegah Stunting

MahesaMediaCenter, Jepara – Upaya pencegahan stunting telah dilaksanakan secara masif dan berkesinambungan oleh Pemerintah Desa Mulyoharjo, Kecamatan Jepara, bersama tenaga kesehatan dari Puskesmas Jepara, di Balai Desa Mulyaharjo. Rabu (6/7/2022).

Adapun upaya tersebut diwujudkan dengan dilaksanakannya 3 program kegiatan untuk pencegahan stunting sejak dini, yakni Kelas Ibu Hamil, Kelas Balita dan Kelas Ibu Balita.

Dalam kegiatan pencegahan stunting ini dihadiri langsung oleh Kepala puskesmas Jepara kota dr Fauziah Lubis, Babinsa Desa Mulyoharjo Serma Bambang, Bidan Desa Mulyoharjo ibu Titik, Kader kesehatan Desa dan para ibu-ibu yang hamil maupun yang mempunyai.

Kegiatan tersebut dengan memberikan pemahaman tentang pentingnya asupan gizi untuk balita maupun anak.

Stunting itu sendiri berarti keadaan tubuh yang sangat pendek, akibat kekurangan gizi guna mencegah hal itu tentunya diperlukannya pemenuhan gizi dan pelayanan kesehatan kepada ibu hamil maupun balita.

Babinsa Serma Bambang mengatakan kegiatan seperti ini sangat diperlukan masyarakat mengingat banyaknya yang belum memahami stunting akan berpengaruh terhadap tingkat kecerdasan balita maupun anak dan status kesehatan pada saat dewasa.

“Masyarakat pada umumnya menganggap pertumbuhan fisik sepenuhnya dipengaruhi faktor keturunan,” kata Babinsa.

Diharapkan dengan kegiatan ini dapat disampaikan kepada para orang tua terutama ibu hamil yang memiliki balita, untuk memberikan gizi yang cukup, memenuhi kebutuhan gizi anak, serta menerapkan kehidupan bersih dan sehat demi mewujudkan sumber daya manusia yang berkwualitas.
(Yusron)

Related posts