Hadiri Rapat Rancangan Kawasan Ekonomi Khusus Ketahanan Pangan Kerjasama Utara-Utara, Bupati Buol: Tiga Syarat Utama Kawasan Ekonomi

MahesaMediaCenter, Buol – Bupati Buol hadiri Rapat Pembahasan Rancangan Kawasan Ekonomi Khusus Ketahanan Pangan (KEK-EP) Kerjasama Utara-Utara bertempat di ruang rapat Kantor Bupati Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Rabu 27 Juli 2022 (10.00 Wita)

Tiga Syarat Pembangunan Kawasan.

Dalam sambutanya Bupati Buol menyampaikan ada tiga syarat jika ingin sukses dalam membangun kawasan ekonomi, yakni:

Pertama, saling tergantung atau interdependensi.

“Di antara daerah yang membangun kawasan Ekonomi harus saling tergantung, terintegrasi dan terhubung satu sama lain” ujar Bupati.

Kedua, membangun Kolaborasi yang baik.

“Kolaborasi sangat di tentukan oleh kerjasama. Bagaimana organisasi yang terbangun saling memberikan dorongan, berpikir bersama, dan bertindak bersama secara integratif” lanjut Bupati.

Ketiga, Pentingnya Fungsionalisasi Wilayah.

Dalam satu kawasan ekonomi, setiap daerah harus di bagi berdasarkan fungsionalisasi Wilayah (advantage comparative).

“Misalnya salah satu daerah menjadi wilayah depan, dan daerah lainya menjadi wilayah belakang yang tugasnya mensuport aktifitas ekonomi wilayah depan tadi” terang Bupati.

Kawasan ekonomi ini harus memastikan dalam zona ekonomi ini ada komoditas yang di kerjasamakan.

Rencana KEK-EP ini akan fokus membangun zonasi ekonomi yang fokus pada komoditas pangan dalam menghadapi Ibukota Negara Baru.

Kegiatan Rencana KEK-EP ini turut dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesra, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kadis Perikanan dan Kadis Pertanian.

Related posts