Konas Menwa Indonesia Dan IARMI Kunjungi Mendagri Bahas Pembinaan Menwa Sebagai Kader Bela Negara

MahesaMediaCenter, Jakarta – Komando Nasional Resimen Mahasiswa Indonesia (Konas Menwa) sebagai induk organisasi Menwa se-Indonesia diterima oleh Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian di ruang kerjanya di Jakarta pada Rabu, 27 Juli 2022.

Dalam pertemuan itu, Dankonas Menwa Indonesia Ariza Patria di sertai oleh beberapa Staf Konas Menwa, Perwakilan IARMI H. Arifin Laisa dan Danmenwa Jayakarta Raden Umar menyampaikan kepada Mendagri beberapa hal terkait perkembangan dan pembinaan Menwa Indonesia saat ini.

Bahwa sebagai organisasi kader muda Bela Negara, Menwa yang merupakan kader-kader muda bangsa yang berwawasan kebangsaan, nasionalis dan memiliki nilai-nilai patriotisme serta kedisiplinan berharap bahwa Kemendagri dapat turut membina langsung organisasi berbasis mahasiswa, intelektual muda ini sebagai kader-kader pemimpin bangsa di masa depan.

Sebagaimana hal nya di era pemerintahan sebelumnya. Pembinaan itu harus diperkuat oleh landasan payung hukum semisal peraturan atau keputusan Menteri Dalam Negeri agar dapat berlaku dan diterapkan se-Indonesia. Hingga kedepannya para anggota Menwa yang akan mengikuti pendidikan-pelatihan bela negara dapat terfasilitasi dengan baik.

Dalam kesempatan itu, Ariza yang juga Sekjen Dewan Pimpinan Nasional Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia (DPN IARMI) menyampaikan permohonan untuk mengundang Mendagri Tito Karnavian agar dapat memberikan Materi pembekalan dalam pelaksanaan Rapimnas DPN IARMI yang akan diselenggarakan pada akhir bulan Agustus 2022 nanti.

“Pada pinsipnya pointers audiensi kami dengan Menteri Dalam Negeri Pak Tito Karnavian adalah untuk bersilaturahmi, layaknya antara anak dan orang tua, guna membicarakan pembinaan lanjutan Menwa sebagai organisasi kader bela negara secara komprehensif dan berharap negara lebih serius melakukan pembinaan.

Disamping itu kami juga sampaikan undangan untuk menjadi narasumber memberikan ilmu dan pembekalan saat Rapimnas DPN IARMI nanti yang akan kita gelar agustus,” kata Ariza yang juga Wakil Gubernur DKI Jakarta ini.

Dalam kesempatan audiensi itu, Tito Karnavian menyampaikan bahwa pembinaan kesadaran bela negara terhadap generasi muda, khususnya Menwa memang harus selalu di lakukan, sebagaimana amanat konstitusi nasional. Dan mantan Kapolri ini juga memberikan apresiasi terhadap Konas Menwa Indonesia dan IARMI yang selama ini sejak awal reformasi selalu intensif melakukan pembinaan terhadap Menwa meski tanpa dukungan anggaran dari pemerintah. Ini merupakan sebuah bentuk pengabdian.

Mendagri Tito pun setuju untuk segera menerbitkan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri (SE Mendagri) terkait tentang Pembinaan dan Pemberdayaan Menwa Indonesia. Didampingi itu Tito juga menyatakan kesediaannya untuk hadir dalam Rapimnas DPN IARMI 2022 Dengan memberikan materi pembekalan kepada para peserta.

Di hubungi di tempat terpisah, Wakil Komandan Nasional Resimen Mahasiswa Indonesia, Erwin H Al-Jakartaty menyambut baik audiensi tersebut dan berharap akan menghasilkan hal-hal yang konkrit sebagai landasan hukum dalam upaya pembinaan dan pengembangan potensi Menwa Indonesia, baik secara keorganisasian maupun prestasi anggota-anggotanya.

“Kami memberikan apresiasi yang tinggi dengan segala hormat kepada Pak Tito selaku Mendagri RI atas perkenannya menerima Menwa dan IARMI, pertemuan ini akan menjadi momentum historis kedepannya jika Kemendagri turun tangan langsung melakukan pembinaan terhadap Menwa sebagai organisasi kader muda Bela negara yang potensial,” ujar Erwin melalui percakapan seluler.

Maju terus Menwa Indonesia dan IARMI, tetap semangat dalam mewarisi dan menjaga nilai-nilai juang 45.**

Related posts