Perahu Ketinting Sebagai Sarana Transportasi Masyarakat Cenrana

MahesaMediaCenter, Bone – Masyarakat Sulawesi Selatan khususnya masyarakat cendrana dan Kecamatan tellu siattinge kabupaten bone kelurahan ujung tanah , memanfaatkan perahu ketinting sebagai sarana transportasi untuk penyebrangan antar sungai, Rabu 10 Agustus 2022. kabupaten bone.

Mengenal Perahu Ketinting, Alat Transportasi Khas Sulawesi Selatan yang di pakai masyarakat cendrana untuk beraktifitas sehari hari mulai dari petani tambak, sawah sampai petani budidaya rumput laut jenis gracilaria (sango-sango).

Perahu ketinting sendiri merupakan perahu yang didesain menggunakan motor luar dengan poros panjang terpasang di sisinya dan dapat dibenamkan ke dalam air atau diangkat ke permukaan air. memiliki beragam variasi mesin ada yang diisi oleh bensin ataupun solar sebagai bahan bakar.

Perahu yang didesain sangat sederhana memiliki beragam ukuran dari 16 meter panjang lebar 1 meter sampai ukuran panjang 5 meter lebar 70 cm. Adapula untuk ukuran paling kecil biasanya digunakan untuk lomba yakni 3.5 meter lebar 60 cm, tutur Iksan salasatu masyarakat ujung tanah kepada media ini.

Ketika musim liburan perahu ketinting biasanya disewakan bahkan menjadi tradisi untuk perlombaan balap merupakan acara tahunan yang biasanya untuk menyambut Hari hari besar maupun pergantian tahun. Ungkap salasatu masyarakat desa dea yang tidak mau disebutkan identitasnya.

Related posts