KONI Beltim Cari Bibit Atlet Berprestasi,Turun Langsung Ke Sekolah-Sekolah

banner 468x60

MahesaMediaCenter, Beltim. Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Belitung Timur akan melibatkan diri langsung di setiap sekolah di Kabupaten Beltim dalam upaya mencari bibit-bibit atlet berprestasi sejak dini.

Program Pemanduan Bakat (Talent Scouting) KONI Beltim, yang dimulai pada tahun 2024, tidak hanya fokus pada siswa dari SMA sederajat, tetapi juga mencakup siswa SD dan SMP. Program ini akan melibatkan Ikatan Guru Olahraga Nasional (IGORNAS) Kabupaten Beltim.

Ketua Umum KONI Beltim, Kamarudin melalui Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi, Dela Wahyudi menjelaskan bahwa konsep program ini melibatkan kerjasama antara KONI Beltim dan guru-guru olahraga untuk secara langsung mengukur prestasi, minat, serta bakat olahraga pelajar.

“Kami memerlukan tenaga serta instrumen yang cukup banyak untuk melakukan penilaian terhadap parameter-parameter tertentu. Mengingat di dunia olahraga, semuanya bisa diukur,” kata Dela sesuai dengan hasil Rapat Konsolidasi Pengurus KONI tahun 2024 di Sekretariat KONI Beltim pada Jum’at (12/01/2024).

Dela menekankan bahwa program ini akan mencakup seluruh sekolah, meskipun rincian jumlah sekolah yang akan didatangi masih perlu dikoordinasikan dengan guru-guru olahraga.

“Koordinasi dengan guru-guru olahraga harus dilakukan terlebih dahulu, dan kita akan mensosialisasikan program ini. Yang pasti, program ini tidak akan mengganggu jam belajar mengajar di sekolah,” ujar Dela.

Pentingnya kegiatan ini dilakukan secara langsung ke sekolah-sekolah dikarenakan banyak calon atlet atau pelajar yang memiliki minat dan bakat, namun enggan untuk bergabung di klub atau cabang olahraga tertentu.

Olahraga adalah kesenangan, di mana kita tidak bisa memaksakan seseorang untuk ikut latihan di cabang olahraga tertentu. Padahal, mereka memiliki bakat dan potensi. Dengan adanya parameter, kita bisa mengarahkan mereka kepada guru olahraganya jika pelajar tersebut membutuhkan perhatian khusus untuk cabang olahraga tertentu,” jelas Dela.(ramli).

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *