Ibu-Ibu Diajak Aktif Berpolitik

MahesaMediaCenter, Beltim – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Belitung Timur menggelar Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Perempuan. Sebanyak 60 ibu-ibu perwakilan dari 6 desa di Kecamatan Manggar hadir di Rumah Makan Dua Putri Pantai Serdang, Rabu (22/5/2024).

Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber, yakni Maisinun Calon Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta Kepala Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Beltim.

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Beltim, Evi Nardi saat membuka acara mengatakan Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman bahwa perempuan memiliki hak dan peran yang sama dengan laki-laki untuk memilih dan dipilih dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati pada pelaksanaan pilkada serentak pada 27 November 2024 mendatang.

“Perempuan merupakan pemilih yang loyal untuk bisa memenuhi target-target politik. Dan karenanya perempuan harus menjadi pemilih yang cerdas, tidak mudah mempercayai hoax yang selalu beredar di medsos,” kata Evi.

Evi yang didampingi Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Organisasi Kemasyarakatan, Suciliswati menyatakan perempuan di Kabupaten Beltim juga harus kritis dan ikut mengawal demokrasi yang ada di Kabupaten Beltim.

“Perempuan selalu memilih dengan akal sehat untuk keberlangsungan kehidupan berdemokrasi dan keberlanjutan pembangunan daerahnya,” ujar Evi.

Mantan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata itu berharap pada pelaksanan Pilkada nanti para perempuan juga ikut aktif menyalurkan suaranya dan dapat memilih dengan hati nurani.

“Harapannya mereka dapat juga melihat siapa sebenarnya bakal calon atau calon yang akan dipilih dan bagaimana kualitas moralnya, kualitas intelektualnya dan keterampilan profesionalnya serta menjamin kesejahteraan bagi masyarakat terutama hak-hak kaum perempuan sehingga tidak salah memilih kepala daerah tersebut,” ujar Evi.(ramli).

Related posts