Maju Jadi Calon Bupati Sumba Barat Daya, Ini Visi Misi Birokrat Dominggus Bulla

MahesaMediaCenter, Sumba Barat Daya – Mantan Birokrat senior Pemda Sumba Barat Daya Ptovinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Dominggus Bulla, siap bertarung dalam Pilkada Sumba Barat Daya Tahun 2024, 27 November 2024 mendatang.

Dalam kontestasi politik lima tahunan itu, Dominggus Bulla mengusung visi terwujudnya Kabupaten Sumna Barat Daya SEHAT ( Sejuk Harmonis & Sejahtera). Visi ini dibingkai oleh tema sentral ‘Pemantapan Pembangunan Berparadigma Budaya’.

“Berbagai kelemahan yang terjadi dalam pelaksanaan pembangunan berparadigma budaya periode pembangunan 2024-2029 adalah fokus perhatian dan perbaikan dalam mekanisme pelaksanaan pembangunan yang berkelanjutan,” ujar Dominggus Bulla kepada wartawan (27/5/2024).

Ia mengatakan, berdasarkan visi tersebut serta perubahan paradigma dan kondisi yang akan dihadapi pada masa yang akan datang, diharapkan Pemerintah Kabupaten Sumba Barat Daya dapat lebih berperan dalam perubahan menuju suatu masyarakat yang semakin SEHAT (Sejuk, Harmonis dan Sejahtera).

Mantan Kaban Bakesbangpoldagri Kabupaten Sumba Barat Daya itu menyebut, misi di atas dimanfestasikan dalam 5 misi diantaranya: pertama, mengembangkan dan mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang berdasarkan pada prinsip Good Governance dan Clean Government dengan beriorientasi pada pelayanan prima melalui penerapan tata cara kerja yang profesional, transparan, sinergi antara sektor dan stakeholders, penegakan hukum serta penataan sistem dan manajemen penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat yang berbasis pemanfaatan keunggulan teknologi informasi (e-government).

Kedua, mengembangkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) masyarakat Sumba Barat Daya dengan menyediakan akses untuk pelayanan pendidikan dan kesehatan yang murah dan bermutu, menegakkan tertib hidup berdasarkan nilai-nilai sosial budaya serta memfasilitasi dan mendukung pengembangan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa (Kesejahteraan Rohani).

Ketiga, meningkatkan pengembangan infrastruktur strategis penunjang aktivitas ekonomi dan kesejahteraan masyarakat serta pelaksanaan pembangunan yang berbasis tata ruang dan mitigasi bencana alam.

Keempat, mengembangkan dan meningkatkan kesejahteraan manusia dan masyarakat Lembata melalui gerakan pemberdayaan ekonomi rakyat di mana Koperasi menjadi “Jantung” dalam suatu kerjasama yang sinergis dengan Badan Usaha Milik Daerah dan unit-unit usaha swasta yang saling menguntungkan dalam berbagai aktivitas ekonomi rakyat (Kesejahteraan Lahiriah);

Kelika, meningkatkan peran pemuda dalam pembangunan serta meningkatkan perlindungan terhadap perempuan dan anak.

“Apabila kami diberi kepercayaan untuk dapat menjadi Bupati Sumba Barat Daya, maka slogan Sumba Barat Daya Lebih Maju, Berdayasaing dan Harmonis dalam rangka pencapaian visi dan misi tersebut akan selalu kita gaungkan di internal Pemerintahan maupun kepada masyarakat Kabupaten Sumba Barat Daya,” ungkapnya.

Dominggus Bulla berharap dukungan dan doa restu dari para pemangku kepentingan pembangunan Kabupaten Sumba Barat Daya, agar dirinya bisa mendapatkan amanah untuk dapat kembali meneruskan perjuangan membangun Kabupaten Lembata tercinta ini.

“Apa yang telah dicapai mari kita tingkatkan, apa yang selama ini dirasa masih kurang mari kita sempurnakan, senantiasa untuk melayani masyarakat agar menjadi Kabupaten yang nyaman, Aman dan Sejabtera bagi warga masyarakat Sumba Barat Daya,” tandasnya. (*)

Related posts