Dumai Jadi Simbol Ketahanan Energi dalam Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024

banner 468x60

MahesaMediaCenter, Dumai – Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045 Mewujudkan Kedaulatan dan Kemandirian Energi”. Upacara puncak, akan digelar di lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan, Kota Dumai pada Sabtu (1/6/2024) dan akan dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo.

Kegiatan serupa telah dimulai sejak tahun 2017. Selain Kota Dumai, Kota Ende di Provinsi Nusa Tenggara Timur, dan Jakarta juga pernah menjadi tuan rumah puncak peringatan hari lahir Pancasila.

Seiring terbitnya Kepres No. 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila, ditetapkan bahwa pada tanggal 1 Juni 1945 sebagai hari lahir Pancasila dan tanggal 1 Juni sebagai hari libur nasional, kemudian ditegaskan pula bahwa Pemerintah bersama seluruh komponen bangsa dan masyarakat Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni.

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D menjelaskan bahwa penunjukan Blok Rokan Kota Dumai sebagai lokasi acara puncak peringatan Harlah Pancasila 2024 karena merupakan simbol ketahanan energi negeri, sehingga hal itu diharapkan dapat meningkatkan semangat nasionalisme, kebanggaan dan persatuan bangsa. Hal tersebut disampaikannya dalam kesempatan Konferensi Pers terkait Persiapan Kunjungan Kerja Presiden RI, siang tadi (Kamis, 30/05/2024) bertempat di Camp Bukit Mayang Dumai Country Club PHR Jl. Soekarno Hatta, Kota Dumai.

Pertamina sebagai tuan rumah penyelenggaraan acara puncak peringatan hari lahir Pancasila 2024 menyampaikan apresiasi dan rasa bangga atas terpilihnya Wilayah Kerja Rokan yang mereka kelola saat ini. “Kami merasa terhormat dan bangga dipercaya menjadi tuan rumah Hari Lahir Pancasila. Mari bersama kita sukseskan momen bersejarah ini sebagai cerminan persatuan dan kesatuan bangsa,” kata VP Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso.

Menurut Santoso, Upacara Hari Lahir Pancasila di Blok Rokan menjadi momen penting untuk memperingati nilai-nilai luhur Pancasila yang telah menjadi landasan bagi bangsa Indonesia. Sebagai tulang punggung energi nasional, PHR maupun seluruh Pertamina Group sangat menyadari pentingnya nilai-nilai Pancasila dalam menjalankan operasi yang andal dan selamat demi ketahanan energi nasional. “Pancasila telah menjadi landasan perusahaan dalam menjalankan usaha dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa dan negara,” ucapnya.

Selain itu, Ruby Mulyawan selaku Direktur Utama PT. PHR menambahkan bahwa sepanjang tahun 2023 PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) telah menjadi penghasil minyak dan gas (migas) terbesar di Indonesia dengan produksi sebesar 167.270 barel setara minyak per hari. Ditambahkannya, PT PHR juga berhasil meningkatkan produksi migas sejak alih kelola dari perusahaan Amerika PT. Chevron pada tahun 2021.
“Saat ini Blok Rokan memproduksi seperempat minyak mentah nasional atau sepertiga dari total produksi pertamina” jelasnya.

Konferensi pers ini dihadiri sebanyak 14 orang narasumber yang dipimpin langsung oleh Kepala BPIP Republik Indonesia, dan turut didampingi oleh DR. Rima Agristina, S.H., SE., MM selaku wakil kepala BPIP dan Mayor Jenderal TNI (Purn.) Wisnu Bawa Tenaya selaku Sekretaris Dewan Pengarah BPIP.

Unsur Pejabat Pemerintahan Daerah yang turut hadir adalah Asisten Pemerintahan, Sekretariat Pemerintah Provinsi Riau serta Walikota Dumai H Paisal, SKM., MARS., dan beberapa pejabat lainnya Dalam sambutannya, Walikota Dumai menyampaikan bahwa suksesnya kegiatan ini sekaligus merupakan bentuk sinergi dan kolaborasi antara BUMN, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam menyelenggarakan momentum perhelatan nasional. “Untuk itu, Pemerintah Kota Dumai turut berkolaborasi demi suksesnya upacara tersebut” terang Walikota.

Diakhir sesi, Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D selaku Kepala BPIP sempat menyinggung tentang Rancangan Undang-Undang (RUU) Ekonomi Pancasila, “semoga tahun depan dapat diundangkan” pungkasnya. (IG)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *