Desa Gantung Dijadikan Sentra Produksi Bawang Merah

banner 468x60

MahesaMediaCenter, Beltim – Wakil Bupati Belitung Timur Khairil Anwar melakukan Penanaman Perdana Bawang Merah di Danau Nujau Desa Gantung Kecamatan Gantung, Rabu (26/6/24) Pagi. Kegiatan ini merupakan Program Binaan Bersama Kodim 0414/ Belitung dengan PT Timah untuk Kelompok Bina Tani.

Sebanyak satu ton bibit bawang lokal ditanam di lahan seluas satu hektar. Diharapkan pada saat masa panen mendatang akan menghasilkan 15 ton bawang merah untuk setiap hektarnya.

Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian Gantung, Andri Taruna Praja mengatakan Kabupaten Beltim, terutama Desa Gantung amat potensial untuk dijadikan sentra produksi bawang merah. Mengingat kondisi geografis di kawasan Danau Nujau cukup mendukung untuk ditanami bawang merah.

“Bawang merah dapat tumbuh di ketinggian 0-900 meter di atas permukaan laut dan di PH tanah 5.6 sampai 7. Dengan usia panen 60-70 hari, membuat petani di kawasan Danau Nujau banyak yang berminat untuk menanam bawang merah,” ujar Andri.

Sejauh ini menurut Andri, para petani yang dikomandani oleh Dedi Jumadi, sudah empat kali melakukan penanaman bawang merah. Dengan luasan lahan 0,5 hektar. Hasil panenan belum dipasarkan namun masih dijadikan bibit.

“Kita menggunakan untuk proses menuju penangkar benih akan ditindak lanjuti segera. Nanti hasil dari panenan ini sebagiannya akan digunakan untuk bibit,” ungkap Andri.

Sementara itu Wakil Bupati Beltim Khairil Anwar mengatakan petani Danau Nujau sangat berkomitmen untuk menanam bawang merah, cabai dan padi. Hal ini juga untuk mendukung program ketahanan pangan sekaligus pengendalian inflasi di daerah.

“Sebenarnya kalau kita lihat dari awal keseriusan petani di Ganse Danau Nujau ini perlu kita acungi jempol. Karena mereka walaupun musimnya seperti apa mereka kekeh, ini bukti mereka tidak main-main,” kata Khairil.

Mantan Camat Gantung ini mengatakan bahwa Pemkab Beltim mendukung penuh kawasan Danau Nujau sebagai sentra produksi bawang merah. Apalagi dengan pengalaman para petani dan kondisi tanah di Danau Nujau yang sangat menunjang.

“Ini akan menjadi prioritas untuk kita galakkan. Kita sangat mendukung untuk danau Nujau untuk sentra produksi pertanian dan menjadi pengembangan agrowisata,” ujar Khairil.

Penanaman Perdana Bawang Merah dihadiri oleh Kepala Staf Kodim 0414 Belitung Mayor K. Gurusinaga, Kepala Bidang Produksi PT Timah Andriansyah, Camat Gantung Mustofa, dan unsur Kodim 0414. (ramli)

Simak berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran berita SuaraMabes.com di WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFTbjqLo4hlGdXlRr1u. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *