Sumber Daya Air sebagai Solusi Pengoptimalan Energi Primer: UBP Saguling Adakan Sosialisasi Bersama TKPSDA WS Citarum

MahesaMediaCenter, Bandung – PLN Indonesia Power UBP Saguling turut serta dalam Sidang Pleno III Tim Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air (TKPSDA) Wilayah Sungai (WS) Citarum tahun 2024 yang berlangsung di Hotel Harris, Kota Bandung. Dengan mengusung tema “Sinkronisasi Konflik Pemanfaatan Air”, acara ini dihadiri oleh sekitar 50 anggota TKPSDA.

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kunjungan lapangan yang dilakukan sehari sebelumnya, 18 September 2024. Para peserta, termasuk perwakilan dari TKPSDA WS Citarum, mengunjungi salah satu unit UBP Saguling, yaitu PLTA Cikalong, Perumda Tirtawening, PDAM Tirta Raharja, PT Tirta Gemah Ripah, Embung Cikalong, dan lokasi yang direncanakan untuk Bendung Cikalong. Kunjungan ini adalah bagian dari rangkaian acara Sidang Pleno III yang ditujukan untuk memahami lebih dalam terkait pengelolaan sumber daya air di kawasan tersebut. Kunjungan ke PLTA Cikalong diwakili oleh Manajemen UBP Saguling yang dalam hal ini Bapak Prajamukti Ediatmaja, selaku Manager Sipil dan Lingkungan.

Pada lain kesempatan, Senior Manager UBP Saguling, Bapak Doni Bakar, memberikan pemaparan terkait pemanfaatan sumber daya air untuk operasional Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) kaskade Plengan – Lamajan – Cikalong dan Saguling. Beliau menjelaskan bahwa energi primer yang menggerakkan PLTA Plengan, Lamajan, dan Cikalong bersumber dari Waduk/Situ Cileunca dan Cipanunjang. Khusus untuk PLTA Cikalong, Bapak Doni menyoroti peran penting pembangkit ini sebagai bagian dari sisi hilir sistem kaskade tiga PLTA di kawasan tersebut.

PLTA Cikalong, yang berkapasitas kurang dari 20 MW, memiliki fasilitas black start yang menjadikannya kritis bagi ketahanan energi di daerah Bandung Selatan. Fasilitas black start ini memungkinkan PLTA untuk memulai operasional tanpa bergantung pada pasokan listrik eksternal, yang menjadi kunci penting dalam mengantisipasi potensi pemadaman listrik (blackout), menjadikannya sebagai komponen vital dalam menjaga stabilitas energi di tingkat lokal maupun nasional.

Dalam forum tersebut, Bapak Doni Bakar juga menegaskan pentingnya penyesuaian pola operasi PLTA Plengan, Lamajan, dan Cikalong dengan kebutuhan sumber daya air di Sungai Cisangkuy, terutama di hilir PLTA Cikalong. Beliau mengusulkan pembuatan embung atau penampungan air di hilir PLTA Cikalong untuk mendukung pemanfaatan sumber daya air secara optimal, serta memenuhi kebutuhan di area hilir pembangkit tersebut.

Acara sosialisasi ini menekankan pentingnya kolaborasi lintas sektor dalam memanfaatkan sumber daya air secara efektif untuk mendukung pengoptimalan energi primer di wilayah tersebut.

Narahubung:
Suprapto
ASMAN Keamanan & Humas
humas.sgl@plnindonesiapower.co.id

Sekilas Tentang PLN Indonesia Power
PT PLN Indonesia Power adalah Generation Company terbesar se-Asia Tenggara Sub Holding BUMN kelistrikan yaitu PT PLN (Persero). PLN Indonesia Power selalu berkomitmen untuk menjadi perusahaan energi yang berbasis teknologi, inovasi, dan berorientasi pada masa depan menuju The NEW PLN 4.0 UNLEASHING ENERGY and BEYOND.

Related posts