Pemko Pematangsiantar Rapat Bahas Langkah Penanganan DBD

banner 468x60

MahesaMediaCenter, Siantar – Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar menggelar rapat pembahasan langkah-langkah penanganan Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Pematangsiantar. Rapat yang dihadiri Plt Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Budi Utari Siregar AP, digelar di Ruang Serbaguna Bappeda Pematangsiantar, Senin (18/7/2022) sekitar pukul 15.00 WIB.

Dalam arahannya Plt Wali Kota Susanti melalui Sekda Budi Utari mengharapkan peran perangkat kelurahan dan kecamatan serta Puskesmas agar dapat melakukan upaya pencegahan penyebaran DBD. Sehingga kasus DBD dapat segera tertanggulangi.

Plt Wali Kota Susanti menginstruksikan beberapa langkah yang harus dilakukan, di antaranya gotong royong dengan melibatkan masyarakat secara rutin. Selanjutnya, perangkat kelurahan bersama Puskesmas melakukan imbauan dan sosialiasi kepada masyarakat agar melakukan 3M Plus, yakni Menguras/membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es, dan lain-lain; Menutup rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan sebagainya; serta Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD.

Sedangkan yang dimaksud Plus adalah segala bentuk kegiatan pencegahan seperti: Menaburkan bubuk larvasida (lebih dikenal dengan abate) pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan; Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk; Menggunakan kelambu saat tidur; Memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk; Menanam tanaman pengusir nyamuk, Mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah; Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan lain-lain.

“Perangkat kelurahan, camat, dan Puskesmas dapat melakukan gotong royong kebersihan dan secara kontinu melaporkan kepada pimpinan,” katanya.

Dalam rapat tersebut, Kabid P2P Dinas Kesehatan Kota Pematangsiantar dr Erika Silitonga juga memaparkan terkait DBD.

Turut hadir dalam rapat tersebut, Kadis Kesehatan dr Ronald H Saragih, Plt Kepala BPBD Drs Robert Samosir, para camat, lurah, dan Kepala Puskesmas se-Kota Pematangsiantar, mewakili Kabag Prokopim yakni Kasubbag Dokumentasi Daniel Purba SE. (Ap)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *