Mayjen TNI Ridho Hermawan Ngabuburit Ngaji Ekologi Bersama Forum Komunitas Hijau Nusantara

banner 468x60

MahesaMediaCenter, Depok – Dalam rangka melestarikan lingkungan dan budaya di wilayah kota Depok Jawa Barat forum komunitas Hijau Nusantara adakan acara Ngabuburit Ngaji ekologi dengan tema : Tuhan Ruang dan Manusia pada hari Jum’at (5/4/2024) bertempat di warung kangen desa Joglo Nusantara Sawangan kota Depok Jawa Barat.

Berbagai pembahasan, terkait budaya khususnya yang ada di Kota Depok dikupas tuntas dalam diskusi yang berlangsung, turut dihadiri Deputi Kebangsaan Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lembahanas RI) Mayjen TNI Ridho Hermawan, Anggota Komisi X DPRI RI Ir. Nuroji anggota DPR RI komisi X dari Partai Gerindra, Heri Syaefudin Founder Joglo Nusantara dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok Drs. Supian Suri MM.

Mayjen TNI Ridho Hermawan Deputi Bidang Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhannas, menurutnya Adat Istiadat sangat berpengaruh kepada kehidupan sosial, negara ini adalah terdiri dari kumpulan masyarakat, dan masyarakat ini kumpulan dari keluarga, sedangkan keluarga adalah kumpulan dari individu individu. Begitu individu berarti yang dilihat adalah masalah perilaku.

Yang dikatakan adat itu adalah sikap ucap dan tindakan dalam keseharian yang terpolakan dari manusia sebagai individu. Ada adat kebiasaan baik dan ada adat kebiasaan buruk, sebaiknya didalam kehidupan bermasyarakat itu diambil nilai-nilai yang baik. Ucapnya.

“Di sini, kami juga membahas soal Perda Kebudayaan. Pada dasarnya, Kota Depok itu identitasnya merupakan budaya Betawi. Tetapi, dalam hal ini Kota Depok juga mengembangkan budaya lain seperti Sunda, karena Kota Depok juga merupakan bagian dari Jawa Barat,” terang Anggota Komisi X DPR RI, Nuroji.

Selain budaya Betawi dan Sunda, sambung Nuroji, adapun budaya-budaya pendatang yang turut dikembangkan di Kota Depok. Seperti budaya Jawa, Batak, Madura dan masih banyak lagi.

“Keinginan saya Pemerintah Daerah memiliki wadah untuk orang Depok berkreasi dari segi budaya. Lebih bagusnya lagi, Kota Depok memiliki gedung kesenian seagai pusat kebudayaan Kota Depok,” tutur Nuroji.

(Dudung – Suwoto)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *