Xaverius 1, 2 dan 3 Bandar Lampung Peringati Hari Pangan Sedunia (2024)

banner 468x60

MahesaMediaCenter (MSM Group), Jakarta – Setiap tangal 16 Oktober kita memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS) ‘24, Tak ketinggalan siswa /siswa KB, TK,SD,SMP’ MAN Xaverius 1 (satu ) Bandar Lampung merayakannya.yang diawali dengan melakukan apel pagi bersama.

Dilanjutkan dengan makan bersama untuk siswa SD dan SMP. Sedangkan untuk siswa TK mengadakan edukasi tentang bahan pangan dan market day menjadi penjual dan pembeli, setelah itu siswa makan bersama dengan kue yang mereka beli market day.

Tema yang diangkat oleh Badan Pangan dan Pertanian Dunia ( food Agricultural Organisation) tahun ini adalah “Hak atas pangan untuk kehidupan dan masa depan yang lebih baik”.

Paus Fransiskus dalam kesempatan audiensi umum 10 Januari 2024, berkata begini, cara makan kita mencerminkan sesuatu yang ada di dalam diri kita. Bapak Suci mengritik sikap rakus sebagian orang yang makan terlalu banyak dan ada yang makan terlalu sedikit.

Kita diajak untuk membangun relasi yang baik dengan makanan dan mereka yang menyediakannya sehingga kita mampu menghargai mereka. Kita dapat mulai dari hal-hal kecil dan sederhana dalam keluarga kita masing-masing, dalam komunitaas, dilingkungan tempat tinggal dan tempat kerja kita.

Para Petani, peternak dan nelayan menyediakan pangan untuk memberi makan Seluruh penduduk dunia. Namun masih ada 733 juta orang didunia mengalami kelaparan. Saudari-saudara kita petani,peternak dan nelayan menjadi tumpuan keberlangsungan hidup kita. Sayangnya, ditengah sumbang sih positif sektor pertanian ini , kesejahteraan petani masih rendah.

Tak ketinggalan siswa /siswa KB, TK, SD, SMP’ MAN Xaverius 1, 2, dan 3 Bandar Lampung merayakannya yang diawali dengan melakukan apel pagi bersama.

Dilansir berita Xaverius 3 Bandar Lampung 17 Oktober 2024, bahwa Pada Rabu, 16 Oktober 2024 TK Xaverius 3 Bandarlampung memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS) 2024 bersama, di aula TK. Pada kesempatan pertama adalah kegiatan HPS untuk anak-anak kelompok B pada pukul 09.00-10.00

Selanjutnya, kegiatan HPS siang hari untuk anak-anak kelompok A dimulai pada pukul 10.30-11.30.
Anak-anak yang membawa makanan Indonesia kesukaannya mengumpulkan makanan-makanan tersebut pada tampah-tampah yang telah disediakan. Banyak sekali makanan yang terkumpul. Ada donat, kue lapis, puding, lemper, risoles, putu ayu, dan masih banyak lainnya.

Setiap kelompok anak dapat mengumpulkan makanan sebanyak 8 tampah besar. Setelah guru menjelaskan betapa pentingnya makanan bagi manusia dan betapa pentingnya untuk merasakan empati pada orang-orang di sekitar, anak-anak diberi kesempatan untuk mengambil makanan yang sudah terkumpul. Anak-anak bebas mengambil makanan yang ia suka. Anak-anak pun boleh mengambil sebanyak apapun yang ia inginkan.

Ternyata, anak-anak sangat menikmati makan bersama ini. Banyak makanan yang mereka santap sambil bercengkarama dengan teman-temannya. Kegiatan ini berlangsung dengan lancar dan menyenangkan. Anak-anak tampak menikmati kegiatan makan bersama dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia kali ini. Selamat Hari Pangan Sedunia 2024. Semoga anak-anak TK Xaveway dapat memahami arti dari peringatan Hari Pangan Sedunia dengan cara yang sederhana.

Disisi lain, Guru TK dan SD Xaverius 1 Bandarlampung turut melibatkan diri dalam kegiatan Bina Iman Anak (BIA) di Paroki Ratu Damai Telukbetung sebagai bentuk keterlibatan & pelayanan sekolah pada Gereja. Dinamika Bersama BIA Gereja Ratu Damai, Teluk Betung (Minggu, 22 Oktober 2023)

Bergembira bersama anak anak usia 4 – 12 tahun dengan Tema “100% Katolik 100% Indonesia ” dari Injil Matius 22: 15 – 22 yaitu Membayar Pajak Kepada Kaisar.

Pemberi materi adalah Suster (sr). Adelia, HK didampingi guru dari SD Xaverius 1 Bandarlampung yaitu Mrs. Emirita, Miss Anggi, Miss Mega dan dari TK Xavete yaitu Mrs. Kristin, Mrs. Anas. Kegiatan hari ini antara lain; berdoa, bernyanyi bersama, mengenal pesan Sabda Allah, mewarnai gambar salib, mendapat berkat dari Romo dan doa penutup bersama.

Dalam kegiatan Bina Iman Anak (BIA) ini anak- anak diharapkan menjadi pribadi yg taat pada aturan yang berlaku. Mari belajar untuk menaati peraturan, dan seimbang dalam hidup sesuai teladan Yesus.

Sementara TK Xaverius dua(2) Bandar Lampung, Pada Rabu, 16 Oktober 2024, menggelar kegiatan istimewa untuk memperingati Hari Pangan Sedunia di koridor sekolah. Kegiatan ini dirancang untuk mengajarkan anak-anak pentingnya menghargai makanan dan tidak menyia-nyiakannya, serta mengenalkan mereka pada berbagai makanan tradisional (makanan lokal).

Acara ini berlangsung meriah tidak hanya melibatkan peserta didik, tetapi juga orang tua dan guru, menciptakan suasana keakraban dan kebersamaan. Dalam suasana yang menyelimuti penuh tawa dan bincang-bincang antar orang tua dan anak-anak.

Puncak acara ditandai dengan kegiatan makan bersama, di mana semua orang tua dan anak antusias mencicipi berbagai hidangan. Kegiatan ini tidak hanya mengajarkan anak-anak untuk menghargai makanan yang ada, tetapi juga memperkuat hubungan antar anggota keluarga besar TK Xaverius 2 Bandar Lampung.

Semoga keakraban dan kekompakan yang terjalin selama acara ini akan terus berlanjut, menjadikan komunitas TK Xaverius 2 Bandar Lampung sebagai keluarga yang saling mendukung dan melengkapi satu sama lain untuk mempererat ikatan sosial. (Ring-o)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *